tempat pencurah rasa, pendengar cerita, pembagi keluh kesah, penyemangat batin, penjerat humor dan pembahagia kehidupan.

Minggu, 10 Oktober 2010

JALAN KOTA

 Gambar ini saya ambil pada jam pulang kantor sekitar pukul 17.00 WIB di jembatan ranugrati, Sawojajar,
 Malang. 

Malang yang notabene bukan termasuk kota super “besar” seperti Jakarta dan Surabaya nampaknya sudah mengalami symptoms yang sama, yaitu macet. Ketika keadaan jalanan sudah mulai padat merayap, banyak terjadi pelanggaran lalu lintas. Seperti yang ada pada gambar, beberapa motor melalui jalan pejalan kaki (hal ini sangat membahayakan). Meskipun saya hanya mengambil gambar di sekitar perumahan Sawojajar, hal serupa juga terjadi di sudut-sudut kota Malang.
Berbagai alasan timbulnya kemacetan di jalur yang selalu saya lalui pada jam berangkat dan pulang kuliah ini antara lain karena pengguna sepeda motor yang tidak tertib, selain semakin bertambahnya jumlah sepeda motor. Angkutan umum yang dengan tiba-tiba menurunkan penumpangnya di jalan terusan jembatan ranugrati. Lajur yang sempit ini memperparah macetnya jalan ini. Jam pulang yang berbarengan semakin menambah jumlah pengguna jalanan ini, akibatnya macet pun tak terelakkan lagi.
Kota Malang yang sekarang nampaknya sudah berbeda 180 derajad dengan yang dahulu. Tidak adanya peraturan yang jelas mengenai kepemilikan kendaraan bermotor akan menyebabkan semrawutnya jalanan kota ini. Tapi benarkah, hanya karena tidak adanya regulasi yang jelas? Ataukah para manusianya?

3 komentar:

  1. Hmm.. Hmm.. Iya dulu waktu awal-awal pindah ke Malang ga semacet sekarang...
    Sekarang Malang panas, euy!!

    Btw keep on posting :)
    Saranku ya, pokoknya kalau nemu hal yang kamu MOOD buat nulis, tulis aja. Terus yang penting: kunjungi juga blogger yang lain dan tinggalin feedback juga buat mereka, biar ada feedback juga buat blog kita n kita akhirnya makin semangat nulis!! :D

    BalasHapus
  2. betul-betul tapi kalo di "tanya mengapa?" banyak faktor low...

    BalasHapus
  3. emberrrrr..... mbuat o jalan yang di atas kayak pilem2 ntu a????

    BalasHapus